A. LATAR BELAKANG
Salon Mutiara merupakan sebuah salon yang bergerak dalam bidang bisnis persalonan yang memiliki beberapa pegawai/karyawan dalam menjalankan bisnisnya yang meliputi persewaan gaun pengantin, tata rias, perawatan kecantikan dan sejenisnya. Berdasarkan banyaknya bidang yang tangani oleh pegawai/karyawan yang berkaitan dengan pelayanan jasa sehari-hari dan untuk setiap pegawai/karyawan yang mempunyai posisi/bidang masing-masing dalam menjalankan tugasnya, maka perlu kiranya dibuat sistem penggajian pegawai/karyawan sesuai dengan bidang masing-masing secara efisien agar terorganisir dengan mudah dan lancar.
B. PERMASALAHAN
Salon Mutiara sebenarnya masih belum menggunakan pemanfaatan sistem komputer untuk perhitungan gaji pegawai/karyawannya. Oleh karena itu pihak pengelola (owner) memandang perlu untuk menggunakan pemanfaatan komputer dengan kriteria sebagai berikut :
- Mendapatkan informasi lebih jelas.
- Membuat pencatatan data-data dalam komputer
- Perhitungan secara komputer.
C. TUJUAN
Proyek perangkat lunak “Sistem Penerimaan Gaji” ini dimaksudkan :
1. Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi Sistem Penerimaan Gaji yang memiliki data-data standar seperti daftar pegawai/karyawan, jenis pekerjaan, dan jam kerja .
2. Memudahkan perhitungan gaji pegawai/karyawan secara cepat dan tepat.
3. Memudahkan pekerjaan, karena menggunakan sistem komputerisasi sehingga lebih efisien.
D. METODOLOGI
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses pengembangan. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek perangkat lunak “Sistem Peneriamaan Gaji” pada Salon Mutiara, akan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut :
1. Obervasi (Observation)
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung di Salon Mutiara, mengidentifikasi fungsi-fungsi bisnis yang diperlukan sehingga bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak secara pasti.
2. Analisa Data (Data Analisys)
Melakukan analisa datasecara detail untuk mempermudah pembentukan sistem sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemrograman (Programming)
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.
4. Pengujian (Testing)
Dilakukan untuk mengetahui apakah pekerjaan pemrograman telah dilakukan secara benar sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi yang dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan.
E. JADWAL PROYEK
Untuk merealisasikan pekerjaan proyek perangkat lunak “Sistem Penerimaan Gaji” yang memanfaatkan waktu perkuliahan satu semester dengan penjadwalan sebagai berikut
Kegiatan | Kegiatan ke-1 | Kegiatan ke-2 | Kegiatan ke-3 | Kegiatan ke-4 |
Pengumpulan Data | | | | |
Analisa Data | | | | |
Desain Program | | | | |
Pengujian Program | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar